Pecinta Lovebird Harus Tau 25 Jenis Lovebird Tercantik Lengkap dengan Gambarnya

Lovebird atau burung cinta merupakan salah satu jenis burung yang mempunyai warna paling indah dan cantik. Maka tak heran, Lovebird sering dikembangbiakkan oleh para penghobi burung hanya untuk mencari warna-warna baru dan langka. Semakin langka warna Lovebird, maka harga jualnya semakin tinggi.


Namun, seiring berjalannya waktu, Lovebird sering disilangkan untuk menghasilkan warna mutasi bulu. Beberapa jenis Lovebird yang sering disilangkan untuk menghasilkan warna mutasi antara lain, Lovebird Muka Salem, Lovebird Fischer, dan Lovebird Topeng.

Nantinya, setiap jenis Lovebird tadi akan menghasilkan warna mutasi baru yang beraneka ragam. Seperti halnya, Lovebird Muka Salem dapat menghasilkan banyak varian warna mutasi, di antaranya Lovebird Lutino, Lovebird Australian Cinnamon, Lovebird Biru Pastel, Lovebird Blorok/Pied, dan Lovebird Albino. Sementara, warna mutasi Lovebird Topeng adalah Lovebird Biru, seperti yang dikutip dari Sumber-Burung.

Ada lagi hasil mutasi Lovebird yang lebih mengesankan, yakni Lovebird Parblue (Partial Blue). Lovebird jenis ini tergolong langka dan harganya sangat mahal. Harga Lovebird Parblue yang terlihat cantik dan eksotik bisa dibanderol sebesar Rp 15 juta – Rp 20 juta per ekornya.

Nah, lebih jelasnya, kami akan menunjukkan macam-macam jenis Lovebird tercantik lengkap dengan gambarnya.



Lovebird Muka Salem paling mudah dijumpai di sebelah selatan Afrika, Namibia, dan Angola. Lovebird jenis ini mempunyai postur tubuh yang menawan. Bagian tubuh bagian bawah berwarna hijau kekuningan. Biasanya, bulu dahi dan bagian belakang mata berwarna merah. Lalu, pada bagian pipi, leher, dan dada berwarna pink. Sementara, sayap Lovebird Muka Salem berwarna hijau, tapi bagian ujungnya berwarna kebiruan.




Sesuai namanya, Lovebird Topeng mempunyai warna gelap di bagian muka. Oleh karena itu, dia dipanggil Lovebird Topeng. Burung ini pertama kali ditemukan di Timur Laut Tanzania dan dibudidayakan pertama kali di Kenya. Lovebird Topeng mempunyai warna dominan hijau. Meski begitu, pada bagian dada biasanya berwarna kuning. Sayangnya, Lovebird jenis ini sangat sulit dibedakan mana jantan dan betina karena keduanya hampir sama.




Lovebird Nyasa punya nama panggilan lain, yakni Lovebird Lilian. Burung yang memiliki warna bulu dominan hijau ini bila disilangkan akan menghasilkan warna mutasi yang unik, yaitu Lovebird Biru dan Lovebird Lutino. Kalau Anda tertarik, Anda bisa menemukan banyak Lovebird Nyasa di kawasan Tanzania, Malawi, Mozambik, Zambia tenggara dan Zimbabwe Utara.





Kalau dilihat sekilas, Lovebird Pipi Hitam hampir sama dengan Lovebird Topeng. Namun, ternyata setelah diamati dengan saksama, yang berwarna hitam hanya bagian pipinya saja. Untuk bagian tubuhnya, hampir keseluruhan berwarna hijau kekuning-kuningan. Burung seperti ini paling suka tinggal di daerah hutan gugur di dekat perairan dan daerah yang banyak memiliki habitat seperti itu adalah Zambia serta air terjun Victoria, Zimbabwe.




Lovebird Fischer pertama kali ditemukan oleh Gustav Fischer yang berasal dari Jerman. Burung ini nampak begitu cerah dengan perpaduan warna merah, orange, kuning, dan hijau. Lovebird Fischer saat ini cukup banyak dijumpai di Indonesia. Namun, kalau Anda mau menemukannya lebih banyak, Anda bisa berkunjung ke habitat asli Lovebird Fischer, yakni di daerah Afrika bagian timur, tengah, selatan, tenggara, dan di danau Victoria Tanzania utara.

6. Lovebird Abisinia (Agapornis taranta)


Lovebird Abisinia terlihat agak monoton karena hanya memiliki perpaduan dua warna saja, yakni hijau tua dan hitam. Namun, jangan salah, Lovebird Abisinia termasuk Lovebird yang paling besar di antara Lovebird yang lain. Selain itu, yang membuat Lovebird Abisinia menarik adalah warna dahinya yang berwarna orange kemerahan. Habitat asli burung ini terletak di bagian selatan Eritrea sampai barat daya negara Ethiopia.

7. Lovebird Madagaskar (Agapornis cana)



Kalau Lovebird Abisinia dikenal sebagai Lovebird paling besar, nah sekarang akan kami perkenalkan dengan Lovebird paling kecil, yaitu Lovebird Madagaskar. Sebenarnya, Lovebird Madagaskar bukan burung yang paling kecil. Hanya saja, ukuran tubuhnya relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan teman sebayanya. Bobot tubuhnya saja, sekitar 30 gram. Selain itu, jenis Lovebird yang satu ini juga sangat mudah dikenali karena hanya memiliki kombinasi warna hijau dan abu-abu saja. Burung ini sangat sulit ditemukan di Indonesia karena dia tinggalnya di pulau Madagaskar, Afrika.
Baca juga:  8 Jenis Burung Kicau Paling Populer di Pulau Jawa Indonesia

8. Lovebird Muka Merah (Agapornis Pullaria)



Masih ingat dengan Lovebird yang dahinya merah? Nah, kali ini berbeda. Sebab, yang merah bagian mukanya. Mungkin banyak orang menyangka, dia termasuk tipe burung pemalu, namun sebenarnya Lovebird Muka Merah tidak demikian. Sejak lahir bagian muka dan dahinya sudah berwarna merah. Kalau tubuhnya rata-rata berwarna hijau kekuning-kuningan. Populasi Lovebird Muka Merah bisa ditemukan di daerah pesisir pantai Afrika tengah hingga bagian barat Ethiopia.

9. Lovebird Kerah Hitam (Agapornis Swinderniana)



Lovebird Kerah Hitam termasuk burung Cinta yang langka. Burung ini dapat dikenali dari bagian kerahnya yang berwarna hitam dan lehernya yang berwarna kecoklatan. Namun, yang paling dominan adalah warna hijau. Di samping itu, ukuran tubuhnya hampir sama dengan Lovebird Madagaskar. Meski begitu, tetap saja, yang terkecil adalah Lovebird Madagaskar. Kalau ingin berjumpa dengan Lovebird Kerah Hitam, Anda bisa mengunjungi bagian khatulistiwa negara Afrika.

10. Lovebird Pastel



Lovebird Pastel sering kali menjadi burung incaran para penggemar Lovebird. Pasalnya, warna bulunya cenderung lebih kalem atau soft jika dibandingkan dengan yang lain. Bila biasanya warna Lovebird itu hijau tua dan kuning, maka Lovebird Pastel akan tampil dengan warna hijau muda dan kuning muda. Meski begitu, ada Lovebird yang warnanya lebih muda dari Pastel, yakni Dilute. Lovebird jenis Dilute sering disebut dengan Lovebird yang memiliki warna bulu yang telah mencair. Nah, Lovebird Pastel yang paling umum dijumpai di Indonesia antara lain, Lovebird Pastel Ijo (Pasjo), Lovebird Pastel Kuning (Paskun), Lovebird Pastel Biru (Pasblue).

11. Lovebird Cobalt


Lovebird Cobalt lebih dikenal masyarakat dengan Lovebird berwarna biru. Sebab, hampir keseluruhan bagian tubuhnya berwarna biru (telur asin). Hanya bagian kepala hingga leher yang berwarna abu-abu. Namun, ada jenis burung lain yang mirip dengan Lovebird Cobalt, yakni Lovebird Biru Violet. Lovebird jenis ini sama-sama memiliki bulu berwarna biru, hanya saja bagian kepalanya berwarna hitam lengkap dengan kaca mata yang indah. Kemudian bagian leher dan dada Lovebird Biru Violet biasanya berwarna putih.

12. Lovebird Batman


Pernah mendengar jenis Lovebird Batman? Seperti namanya, Lovebird ini memiliki warna yang cenderung gelap yaitu abu-abu dan putih. Meski tidak sepenuhnya berwarna gelap atau hitam, tapi banyak penggemar burung yang menyebutnya Lovebird Batman. Kalau sudah dewasa, Lovebird Batman akan terlihat seperti Batman sungguhan. Pasalnya, bagian sayapnya telah berubah menjadi hitam pekat.

13. Lovebird Merah



Lovebird Merah merupakan warna mutasi dari Lovebird jenis lain. Sayangnya, untuk mendapatkan Lovebird Merah sangat sulit sekali. Kalaupun ada, tidak semua bulunya berwarna merah. Biasanya, warna merah di bulunya diselingi dengan warna orange, kuning, dan putih. Karena sangat sulit didapat, wajar saja kalau harga Lovebird Merah cukup mahal. Untuk Lovebird Merah yang masih muda biasanya dibanderol sekitar Rp 1 jutaan. Harga segitu untuk Lovebird yang warna merahnya tercampur dengan warna lain atau blorok. Kalau warnanya polos merah, mungkin lebih mahal lagi.

14. Lovebird Albino


Beberapa dari Anda pasti sudah pernah melihat Lovebird Albino. Ya, Lovebird dengan warna bulu putih polos ini memang cukup unik karena tidak memiliki variasi warna lain. Sebagian orang menyukai burung jenis ini karena terlihat bersih. Lovebird Albino cukup langka di Indonesia, tetapi harganya tidak semahal Lovebird Merah. Kalau harga Lovebird Merah mencapai Rp 1 jutaan ketika masih muda, maka harga Lovebird Albino hanya Rp 700 ribuan saja.

15. Lovebird Olive


Lovebird Olive merupakan salah satu dari tiga jenis Lovebird berwarna hijau. Lovebird warna hijau ada tiga jenis, di antaranya Hijau Standard atau WildColour, Dark Green (Hijau Tua), dan Double Dark Green (DD Green) atau biasa disebut Olive. Jadi, kalau Anda menjumpai Lovebird dengan warna hijau yang sangat tua, sudah pasti itu adalah Lovebird Olive. Bagian warna hijau ini tidak menyelimuti keseluruhan tubuhnya, melainkan hanya bagian dada, sayap, punggung, hingga ujung ekor saja. Untuk kepalanya sendiri, biasanya berwarna orange, kuning, dan pink.
Baca juga:  Lovebird Putri Dewi, Dulu Belinya Rp 10 Juta Sekarang Ditawar Rp 600 Juta

16. Lovebird Parblue



Lovebird Parblue adalah akronim dari kata Partial Blue (sebagian biru). Ini artinya Lovebird Parblue memiliki warna bulu yang sebagian biru, tetapi untuk kepala biasanya cukup kontras dengan warna birunya. Terkadang, warna kepala bisa berwarna kuning, orange, dan putih. Lovebird Parblue pertama kali ditemukan oleh Felix de Valle dari Amerika. Setelah itu, Lovebird Parblue dikembangkan ke daratan Eropa, hingga akhirnya sampai ke Indonesia. Jenis Lovebird Parblue yang paling terkenal di dunia adalah Lovebird Fischer Parblue dan Lovebird Persotana Parblue.

Untuk mencetak Lovebird Parblue, sebenarnya tidak terlalu sulit tapi dana yang dikeluarkan cukup besar. Pasalnya, indukan untuk menghasilkan Lovebird Parblue biasanya mahal. Jika Anda ingin menghasilkan Lovebird Parblue seharga Rp 30 juta, maka Anda harus membeli Lovebird Biola seharga Rp 10 juta dan Lovebird Parblue seharga Rp 10 juta.

Nantinya, kalau Anda beruntung, maka anakannya adalah Lovebird Biola Parblue yang bisa dijual seharga Rp 30 juta. Selain itu, jika Anda ingin mencetak Lovebird Parblue Personata, Anda bisa menyilangkan Lovebird Parblue dengan Lovebird Batman.

17. Lovebird Blorok


Lovebird Blorok termasuk salah satu jenis Lovebird yang unik. Sebab, warna bulunya tidak selalu memiliki dominan warna tertentu. Warna bulu Lovebird Blorok biasanya semburat antara warna putih dengan warna yang lain. Beberapa jenis Lovebird Blorok adalah Lovebird Parblue Blorok dan Lovebird Merah Blorok. Lovebird jenis ini sangat mudah dikenali karena warnanya terlihat seperti gradasi dari warna-warna yang lain.

Untuk menghasilkan warna Lovebird Blorok, Anda harus menyilangkan jenis Lovebird yang berbeda. Misalnya, menyilangkan Lovebird Lutino dengan Lovebird Dakori. Nantinya, kemungkinan anakan Lovebird yang muncul adalah Lovebird Blorok hijau atau Lovebird Green Series.

18. Lovebird Halfsider



Lovebird Halfsider adalah Lovebird yang paling langka dan sangat sulit dikembangbiakkan. Lovebird jenis ini mempunyai perpaduan warna yang unik, yakni setengah warna putih setengahnya lagi warna kuning. Jadi, kalau dilihat dari samping, seperti terdapat dua ekor burung dalam satu sangkar. Keunikan perpaduan Lovebird Halfsider juga cukup aneh karena berada tepat di tengah-tengah garis tubuhnya. Untuk harga, tak perlu ditanyakan lagi. Bila Lovebird biasa harganya Rp 750 ribu, maka harga Lovebird Halfsider bisa mencapai 20 kali lipat dari harga Lovebird biasa.

19. Lovebird Lutino


Lovebird Lutino dikenal memiliki warna bulu dominan kuning dan merah. Biasanya, bagian tubuhnya berwarna kuning, sementara bagian kepala berwarna merah atau orange. Burung ini termasuk memiliki nilai jual karena warnanya yang cerah. Lovebird Lutino berusia 2 – 3 bulan dijual seharga Rp 400 ribu, sementara Lovebird Lutino usia 5 – 6 bulan bisa mencapai Rp 700 ribu. Lovebird jenis ini juga sering diikutkan lomba, terutama lomba kecantikan warna dan kicauan.

Jenis Lovebird Lutino sendiri cukup beragam, seperti Lovebird Lutino Golden Cherry (warna kuning, mata gelap), Lovebird Lutino Albino (warna putih, mata merah), Lovebird Lutino (warna kuning mata merah), Lovebird Cinnamon (kecokelatan), dan Lovebird Pied (Bercak-bercak atau blorok).

Untuk mencetak Lovebird Lutino, paling gampang dengan mengawinkan Lovebird pejantan hijau normal dengan Lovebird Lutino betina. Biasanya, kombinasi pasangan Lovebird ini akan memperoleh anakan Lovebird Lutino dengan tingkat akurasi 60 persen pada generasi pertama.




Lovebird Australian Cinnamon lebih mirip dengan Lovebird Pastel, di mana warna bulunya lebih soft dan kalem. Namun, bila keduanya disejajarkan, maka yang paling terlihat soft adalah Lovebird Australian Cinnamon. Pasalnya, hampir keseluruhan warna tubuh Lovebird Australian Cinnamon terlihat lebih muda dari warna bulu Lovebird yang lain. Kalau dilihat dari jarak jauh, sepertinya varian warnanya tidak akan terlihat dan lebih jelas terlihat warna putihnya saja.

21. Lovebird Violet



Lovebird Violet adalah jenis Lovebird yang mengubah warna blue normal di area sponge menjadi warna violet. Lovebird Violet mempunyai factor (penurunan sifat) single (SF) dan Double (Double). Untuk mencetak mutasi warna Lovebird Violet, salah satu indukan harus jenis Lovebird Violet, baik itu jantan maupun betina.

Ciri-ciri Lovebird Violet mempunyai warna bulu biru keunguan atau yang umum disebut Violet. Warna bulu tersebut terlihat di bagian sayap dengan ujung berwarna hitam. Sedangkan, di bagian perut Lovebird berwarna putih, kepalanya dominan hitam, dan paruh putih pucat atau orange tua.

Tak hanya itu, Lovebird Violet mempunyai varian warna lain yang dinamakan Lovebird Pastel Violet. Warna bulu jenis Lovebird ini dominan putih tapi ada warna pastel violet di bagian punggung dan sayapnya. Harga Lovebird Violet dibanderol mulai dari Rp 400 ribu hingga Rp 800 ribu, tergantung daerah dan usianya.
Baca juga:  7 Jenis Burung Pleci Paling Populer di Indonesia

22. Lovebird Biola



Salah satu jenis Lovebird yang paling mahal adalah Lovebird Biola atau Opaline Fischeri. Mahalnya harga Lovebird Biola tak lepas dari ketersediaannya yang cukup sulit didapat atau langka. Peternak Lovebird sulit mencetak Lovebird Biola, tapi peminatnya sangat banyak, sehingga harganya menjadi mahal.

Seperti kisah yang dialami Om Lalang, pemilik Pecox Bird Farm (BF) Surabaya. Dua tahun lalu, dia menjual 20 pasang indukan Lovebird Biola dan Parblue sekitar Rp 450 juta. Jadi, setiap pasang Lovebird dibanderol sekitar Rp 22,5 juta. Saat itu, pembelinya Om Ahta menukar rumah 8 x 25 m2 seharga Rp 450 juta dengan 10 pasang Lovebird Biola dan 10 pasang Lovebird Parblue.

Harga Lovebird Biola memang tak main-main. Yang paling murah saja, Lovebird Biola standar dijual seharga Rp 5,5 juta. Kalau warnanya agak unik dan eksotis, bisa naik menjadi Rp 7,5 juta. Bahkan, kini harganya lebih gila lagi karena Lovebird Biola Euwing Split Blue import dari Thailand (usia 4 bulan) mencapai Rp 55 juta, seperti yang dikutip dari Olx.





Lovebird Dakocan terdiri dari lima jenis, yaitu Lovebird Dakocan original, Lovebird Dakocan hijau, Lovebird Dakocan biru, Lovebird Dakocan ungu, dan Lovebird Semi Dakocan. Lovebird yang memiliki nama latin Agapornis Personatus ini biasa disebut Masked Lovebird atau Lovebird bertopeng. Ini dikarenakan muka Lovebird Dakocan yang berwarna gelap seperti topeng.

Lovebird Dakocan berasal dari dataran tinggi pedalaman utara dan tengah Tanzania. Selain itu, Lovebird ini juga banyak dijumpai di Kenya utara dan timur. Lovebird Dakocan sendiri ditemukan pada tahun 1800-an, tetapi tidak ada impor sampai tahun 1920-an.

Ciri-ciri Lovebird Dakocan mempunyai warna tubuh dominan hijau, sebagian warna bulu kepala hitam gelap, dan kerah di leher berwarna kuning. Namun, karena ada mutasi dan perkawinan silang, warna Lovebird Dakocan menjadi bervariasi, seperti Lovebird Dakocan biru dan Lovebird Dakocan ungu. Lalu, untuk harga Lovebird Dakocan (April 2017) mencapai Rp 250 ribu sampai Rp 400 ribu.

24. Lovebird Euwing



Lovebird Euwing atau Ewing ditemukan pertama kali pada tahun 2004 oleh penangkar Lovebird asal Belanda bernama Piet Verhijde. Dia berhasil mencetak Lovebird Euwing dengan mengawinkan indukan Lovebird Lutino Fischeri dan Lovebird hijau standar atau Lovebird Josan.

Mengapa dinamakan Lovebird Euwing? Sebab, Euwing merupakan singkatan dari Eumelamin dan Wing yang artinya sayap. Jadi, sebenarnya keunikan Lovebird Euwing terletak pada warna sayapnya yang bercorak hitam dan kuning.

Ciri-ciri Lovebird Euwing memiliki perpaduan warna dominan hitam dan kuning. Selain itu, warna bulu dada Lovebird Euwing tereduksi menjadi lebih terang (kuning atau putih) dibandingkan dengan warna galur murninya (Wild Type atau Lovebird Green) dan terjadi peningkatan warna gelap atau hitam (Eumelanin) pada kedua sayapnya sehingga berbentuk huruf “V” pada bulu punggung di antara kedua sayapnya, seperti yang dikatakan oleh Irwan Sentosa.

Ketika Lovebird Euwing ditingkatkan warna gelapnya (Dark Factor) menjadi Dark Euwing (D Euwing) atau Dark Dark Euwing (DD Euwing) maka bulu dada Lovebird Euwing akan lebih kelihatan lebih gelap (tidak cerah). Terakhir, harga Lovebird Euwing diketahui mencapai Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta.

25. Lovebird Import Holland dan Taiwan


Lovebird Import bisa dari mana saja, tapi yang paling banyak berasal dari Holland atau Belanda dan Taiwan. Biasanya, Lovebird Import ukuran tubuhnya lebih besar dari Lovebird lokal asli Indonesia. Selain itu, warna bulunya lebih bagus dan mengkilat bila dibandingkan dengan Lovebird lokal.

Antara Lovebird Holland dan Lovebird Taiwan, katanya lebih bagus Lovebird Holland, terutama dilihat dari sisi postur tubuh dan warna. Namun, kalau dilihat dari sisi suara, pastinya lebih bagus Lovebird Taiwan. Sebab, suara Lovebird Taiwan lebih gacor, keras, dan panjang. Selain itu, Lovebird Taiwan lebih mudah beradaptasi dengan cuaca di Indonesia dan mental tempurnya bagus.

Itu tadi, beberapa jenis Lovebird tercantik lengkap dengan gambarnya. Mungkin masih banyak varian Lovebird yang tidak tercantum dalam daftar ini. Oleh karena itu, kalau Anda mengetahui varian jenis Lovebird yang lain, silakan ditambahkan melalui kolom komentar. Terima kasih.




harga love bird sepasang grosir lovebird jakarta harga burung lovebird harga love bird murah jual burung lovebird jakarta jenis lovebird lovebird biola burung lovebird termahal, jual lovebird jakarta utara peternak lovebird di jakarta barat jual lovebird jakarta selatan jual lovebird murah jakarta timur toko burung love bird kota jakarta timur, daerah khusus ibukota jakarta jual anakan lovebird jakarta jual lovebird jakarta pusat jual lovebird murah jakarta selatan,

love bird farm kota jakarta timur, daerah khusus ibukota jakarta jual lovebird murah jakarta timur jual beli burung klender jakarta timur komunitas jual beli kota jakarta timur, daerah khusus ibukota jakarta jual beli burung jakarta timur jual anakan lovebird jakarta peternak lovebird di jakarta barat grosir lovebird jakarta

komunitas lovebird malang(klm) alamat peternak lovebird malang jual lovebird blorok di malang olx lovebird malang komunitas lovebird arek malang komunitas lovebird kekean malang komunitas lovebird malang raya komunitas peternak lovebird malang

love bird bandung, jawa barat jual lovebird bandung selatan jual lovebird bandung olx jual lovebird lolohan bandung jual lovebird cimahi jual lovebird lutino bandung peternak lovebird di bandung olx lovebird cimahi

jual beli burung sukabumi olx burung sukabumi jual burung murai sukabumi harga burung sukabumi harga burung kacer di sukabumi jual beli lovebird sukabumi komunitas lovebird sukabumi kicau mania sukabumi

jual burung di makassar komunitas lovebird makassar jual beli burung nuri area makassar kicau mania makassar pasar hobby toddopuli makassar jual beli burung nuri makassar burung beo kota makassar, sulawesi selatan alamat pasar burung di makassar

jual beli burung blora forum jual beli blora kicau mania blora peternak lovebird blora peternak kenari di blora ciri ciri cendet blora komunitas burung blora komunitas love bird

jual beli burung madiun peternak lovebird madiun jual lovebird ponorogo komunitas lovebird ponorogo forum jual beli lovebird ponorogo lovebird dijual hari ini komunitas lovebird magetan jual beli lovebird magetan

love bird kudus kabupaten kudus, jawa tengah 59342 komunitas lovebird kudus peternak love bird kudus regency central java dijual anakan love bird semarang jual beli burung kudus alamat peternak kenari di kudus jual lovebird murah bursa burung kudus

peternak love bird semarang komunitas love bird semarang komunitas lovebird blorok semarang lovebird semarang kota semarang, jawa tengah love bird farm gpa 1 kota semarang jawa tengah komunitas lovebird ungaran harga lovebird semarang 2018 harga lovebird lutino mata merah semarang

jual beli lovebird solo raya jual lovebird karanganyar jual lovebird sukoharjo jual/beli lovebird solo sukoharjo wonogiri karanganyar sragen boyolali klaten jual beli lovebird boyolali jual lovebird sragen alamat peternak lovebird solo jual beli burung wilayah solo

jual beli burung daerah mataram pasar burung di lombok pasar burung mataram kicau mania mataram, toko burung pontianak toko sangkar burung pontianak toko burung kicau mania kota pontianak, kalimantan barat komunitas kicau mania pontianak harga murai batu pontianak toko burung sugeng kota pontianak, kalimantan barat 78118 olx burung pontianak toko burung anen kota pontianak, kalimantan barat,

pasar burung rembang pasar burung dan unggas rembang rkm rembang kicau mania info seputar rembang blora kicau mania rkm supermarket bahan bangunan

penangkaran love bird di bali komunitas lovebird bali peternak+love+bird+bali jual beli lovebird denpasar komunitas lovebird denpasar kota denpasar, bali ody lovebird farm kota denpasar, bali olx lovebird bali bursa lovebird olx denpasar.

Jenis Burung Lovebird Lutino Mata Hitam
Burung Lovebird Kacamata Lutino Mata Merah
Kicau Burung Love Bird Lutino
Kelebihan Burung Lovebird Lutino
Kicauan Burung Love Bird Lutino
Perbedaan Burung Lovebird Lutino Sama Pastel Kuning
Burung Lovebird Lutino Mata Merah Non Klep
Harga Burung Lovebird Lutino Mata Merah Non Klep
Suara Burung Lovebird Lutino Mp3
Gambar Burung Love Bird Lutino Mata Merah
Suara Burung Lovebird Lutino Mata Merah
Ternak Burung Love Bird Lutino Mata Merah
Olx Burung Lovebird Lutino Mm
Burung Love Bird Lutino Olx
Burung Lovebird Lutino Opaline
Olx Burung Lovebird Lutino
Poto Burung Lovebird Lutino
Penjual Burung Lovebird Lutino
Peternak Burung Lovebird Lutino
Perbedaan Burung Love Bird Lutino
Pasaran Burung Lovebird Lutino
Perawatan Burung Lovebird Lutino
Harga Pasaran Burung Love Bird Lutino Mata Merah
Harga Pasaran Burung Lovebird Lutino
Pakan Burung Lovebird Lutino
Peternak Burung Lovebird Lutino Mata Merah
Pasaran Harga Burung Lovebird Lutino
Photo Burung Lovebird Lutino
Burung Lovebird Lutino Retina Merah
Burung Lovebird Muka Salem Lutino
Ternak Burung Love Bird Lutino
Cara Ternak Burung Lovebird Lutino
Video Burung Love Bird Lutino
Video Burung Love Bird Lutino Mata Merah
Burung Lovebird Warna Lutino
Warna Burung Lovebird Lutino
Www.Burung Love Bird Lutino
Burung Lovebird Warna Lutino Mata Merah
Youtube Burung Lovebird Lutino
Burung Love Bird Ngekek Pnjang
Burung Love Bird Ngekek Nyeklek
Burung Lovebird Ngekek Panjang Download
Burung Lovebird Ngekek Paling Panjang
Olx Burung Lovebird Ngekek
Youtube Burung Lovebird Ngekek Panjang
Suara Burung Lovebird Ngekek Panjang
Suara Burung Lovebird Ngekek
Kicau Burung Lovebird Ngekek Panjang
Video Burung Love Bird Ngekek Panjang
Suara Burung Lovebird Ngekek Mp3
Cara Burung Lovebird Ngekek Panjang
Suara Burung Lovebird Ngekek Panjang Mp3
Agar Burung Lovebird Ngekek
Burung Lovebird Agar Ngekek
Merawat Burung Love Bird Agar Ngekek Panjang
Makanan Burung Lovebird Agar Ngekek Panjang
Pakan Burung Lovebird Agar Ngekek Panjang
Terapi Burung Lovebird Agar Ngekek Panjang
Perawatan Burung Lovebird Agar Ngekek
Vitamin Burung Lovebird Agar Ngekek Panjang
Masteran Burung Lovebird Agar Ngekek Panjang
Makanan Burung Lovebird Agar Ngekek
Settingan Burung Lovebird Agar Ngekek Panjang
Cara Perawatan Burung Lovebird Agar Ngekek Panjang
Cara Melatih Burung Lovebird Agar Ngekek Panjang
Audio Burung Lovebird Ngekek Panjang
Cara Merawat Burung Lovebird Agar Ngekek
Burung Love Bird Biar Ngekek Panjang
Burung Lovebird Biar Ngekek
Burung Lovebird Belajar Ngekek
Burung Lovebird Biar Ngekek Di Kasih Apa
Perawatan Burung Lovebird Biar Ngekek Panjang
Merawat Burung Lovebird Biar Ngekek Panjang
Cara Burung Lovebird Biar Ngekek Panjang
Suara Burung Love Bird Belajar Ngekek
Makanan Burung Lovebird Biar Ngekek Panjang
Pakan Burung Lovebird Biar Ngekek Panjang
Cara Burung Lovebird Biar Ngekek
Cara Burung Lovebird Bisa Ngekek Panjang
Melatih Burung Lovebird Biar Ngekek Panjang
Tips Burung Lovebird Biar Ngekek Panjang
Tips Biar Burung Lovebird Ngekek Panjang
Merawat Burung Lovebird Biar Ngekek
Pakan Burung Lovebird Biar Ngekek
Setingan Burung Lovebird Biar Ngekek Panjang
Obat Burung Love Bird Biar Ngekek Panjang
Burung Lovebird Cepat Ngekek Panjang
Cara Burung Lovebird Cepat Ngekek

Free Download Mp3 Burung Lovebird Ngekek Panjang
Burung Love Bird Gacor Ngekek Panjang
Suara Burung Lovebird Gacor Ngekek Panjang
Gambar Burung Love Bird Ngekek
Cara Membuat Burung Lovebird Gacor Ngekek Panjang
Gimana Cara Burung Love Bird Ngekek Panjang
Download Suara Burung Lovebird Ngekek Panjang Gratis
Download Gratis Suara Burung Lovebird Ngekek Panjang
Gaya Ngekek Burung Lovebird
Suara Burung Lovebird Biru Grecek Ngekek
Gambar Burung Lovebird Ngekek Panjang
Download Suara Burung Lovebird Gacor Ngekek Panjang
Gambar Burung Lovebird Biar Ngekek Panjang
Download Gratis Kicau Burung Lovebird Ngekek Panjang
Download Suara Burung Love Bird Ngekek Gratis
Gambar Burung Lovebird Lagi Ngekek
Burung Lovebird Gak Mau Ngekek
Harga Burung Lovebird Ngekek
Harga Burung Lovebird Ngekek Panjang
Suara Burung Lovebird Ngekek Panjang Isian
Suara Burung Lovebird Ngekek Isian
Download Suara Burung Lovebird Ngekek Panjang Isian
Burung Love Bird Jantan Ngekek
Burung Lovebird Jantan Ngekek Panjang
Suara Burung Love Bird Juara Ngekek Panjang
Suara Burung Lovebird Jantan Ngekek
Jual Burung Love Bird Ngekek Panjang
Jenis Burung Lovebird Ngekek Panjang
Jual Burung Lovebird Ngekek
Jenis Burung Lovebird Ngekek
Jual Burung Lovebird Ngekek Panjang 2016
Download Suara Burung Love Bird Ngekek Panjang Juara
Jenis Burung Lovebird Yang Ngekek Panjang
Burung Love Bird Ngekek Di Jual
Kicau Burung Lovebird Juara Ngekek Panjang
Download Suara Burung Lovebird Juara Ngekek Panjang
Cara Jitu Membuat Burung Lovebird Ngekek Panjang
Tips Jitu Agar Burung Lovebird Ngekek Panjang
Cara Jitu Burung Lovebird Ngekek Panjang
Jual Beli Burung Lovebird Ngekek Panjang
Burung Lovebird Pastel Kuning Ngekek
Suara Ngekek Burung Lovebird Kepala Emas
Suara Burung Love Bird Ngekek Kasar
Download Suara Burung Lovebird Ngekek Kasar
Kicau Burung Lovebird Ngekek
Kicau Burung Lovebird Ngekek Panjang Mp3
Download Suara Burung Lovebird Kusumo Ngekek Panjang
Suara Burung Lovebird Ngekek Om Kicau
Download Kicau Burung Lovebird Ngekek
Download Kicauan Burung Lovebird Ngekek Panjang
Suara Burung Lovebird Ngekek Panjang Om Kicau
Om Kicau Suara Burung Lovebird Ngekek Panjang
Download Kicau Burung Lovebird Ngekek Panjang Mp3
Download Suara Burung Lovebird Ngekek Panjang Om Kicau
Burung Lovebird Ngekek Kasar
Suara Kicau Burung Lovebird Ngekek Panjang
Suara Burung Lovebird Kusumo Ngekek Panjang
Suara Burung Love Bird Ngekek Lambat
Download Lagu Burung Love Bird Ngekek Panjang
Down Load Suara Burung Love Bird Ngekek Panjang
Download Lagu Suara Burung Lovebird Ngekek Panjang
Cara Membuat Burung Lovebird Ngekek Lama
Burung Lovebird Lg Ngekek
Suara Masteran Burung Lovebird Ngekek Lambat
Download Lagu Suara Burung Lovebird Ngekek
Burung Lovebird Lagi Ngekek
Burung Lovebird Tidak Mau Ngekek
Download Mp3 Suara Burung Lovebird Ngekek
Mengatasi Burung Lovebird Macet Ngekek
Suara Burung Lovebird Mp3 Ngekek Panjang
Merawat Burung Lovebird Ngekek Panjang
Melatih Burung Lovebird Ngekek Panjang
Membuat Burung Lovebird Ngekek Panjang
Masteran Burung Lovebird Ngekek Panjang
Suara Burung Lovebird Ngekek Panjang Mp3 Download
Membuat Burung Lovebird Ngekek
Master Burung Love Bird Ngekek Panjang
Masteran Burung Love Bird Ngekek Panjang Mp3
Cara Ngerawat Burung Lovebird Ngekek Panjang
Suara Burung Lovebird Ngekek Panjag Dan Ngerol
Cara Mengatasi Burung Lovebird Ngekek Ngeruji
Obat Agar Burung Lovebird Ngekek Panjang
Olx Burung Lovebird Ngekek Panjang
Obat Burung Lovebird Ngekek Panjang
Obat Burung Lovebird Supaya Ngekek Panjang
Burung Lovebird Ngekek Panjang
Tips Burung Love Bird Ngekek Panjang
Vidio Burung Love Bird Ngekek Panjang
Rawatan Burung Lovebird Ngekek Panjang
Burung Lovebird Supaya Rajin Ngekek
Tips Burung Lovebird Rajin Ngekek
Cara Membuat Burung Love Bird Rajin Ngekek
Rahasia Burung Lovebird Ngekek Panjang
Tips Agar Burung Lovebird Rajin Ngekek
Cara Bikin Burung Lovebird Rajin Ngekek
Cara Merawat Burung Lovebird Rajin Ngekek
Ramuan Burung Lovebird Ngekek Panjang
Resep Burung Lovebird Ngekek Panjang
Cara Supaya Burung Love Bird Rajin Ngekek
Cara Membuat Burung Love Bird Rajin Ngekek Panjang
Perawatan Burung Lovebird Agar Rajin Ngekek
Ramuan Agar Burung Lovebird Ngekek Panjang
Perawatan Burung Lovebird Biar Rajin Ngekek
Supaya Burung Lovebird Ngekek Panjang
Burung Lovebird Supaya Ngekek
Burung Lovebird Suara Ngekek Panjang
Perawatan Burung Lovebird Supaya Ngekek Panjang
Cara Supaya Burung Lovebird Ngekek Panjang
Melatih Burung Lovebird Supaya Ngekek Panjang

Harga Burung Kicau Terbaru di Pasar Burung Tahun Ini

Harga Burung Kicau Terbaru di Pasar Burung Tahun Ini Daftar Harga Burung Lengkap di Pasaran , khususnya di wilayah Kota - kota besar, Harga burung ini mungkin bisa menjadi acuan anda dalam membeli dan menjual burung kicau yang anda miliki. Harga Burung African parrot (jenis...