Cara Perawatan Terbaik Agar Burung Tidak Stres

Cara Perawatan Terbaik Agar Burung Tidak Stres


Bila anda mengalami suatu masalah dalam perawatan burung, karena burung anda stres sebaiknya anda membaca tips - tips berikut ini :


TETAP TENANG dan JANGAN PANIK

Sebagian besar burung peliharaan adalah hewan mangsa dan sering mengambil stres dengan mudah. Tetap setenang mungkin adalah cara terbaik untuk memastikan burung Anda tidak terpengaruh oleh stres Anda.



Medicating

Pastikan untuk memberikan obat yang telah diresepkan untuk burung Anda sesuai instruksi yang disampaikan kepada Anda oleh dokter hewan.
Jangan pernah mengobati sendiri burung Anda tanpa berbicara terlebih dahulu dengan dokter hewan. Setiap obat berbeda dan bertindak pada tubuh dengan cara yang berbeda. Beberapa obat tidak boleh diberikan dalam situasi tertentu dan dapat memperburuk keadaan.


 Makanan

Selalu sediakan burung Anda dengan semua makanan normal mereka selama masa sakit.
Merendam pelet mereka dalam air hangat untuk melunakkan mereka sering membuat mereka lebih mudah untuk makan dan lebih menarik.
Pastikan untuk membuang buah dan sayuran segar yang tidak dimakan sekaligus manja
Mencacah atau mengiris makanan segar juga membantu membuatnya lebih mudah untuk dimakan.
Membesarkan campuran tangan juga bisa diberikan kepada burung Anda jika mereka tidak sehat (meskipun mereka sudah dewasa). Ini dapat diberikan dengan suntikan langsung ke mulut mereka atau melalui makan tanaman. Jika Anda belum pernah makan burung sebelumnya, harap jangan mencoba ini karena banyak masalah yang dapat timbul jika hal ini dilakukan dengan tidak benar, beberapa di antaranya mengancam jiwa.
Pastikan air segar tersedia setiap saat.


Perumahan

Secara umum, lebih baik untuk menjaga burung Anda di rumah normalnya untuk mengurangi stres. Dalam beberapa kasus, dan terutama burung yang sangat tidak sehat, mereka mungkin perlu dipindahkan ke kandang pembawa atau kandang burung kecil untuk kurungan, kemudahan akses untuk Anda, untuk menyediakan ruang aman bagi burung dan juga untuk memungkinkan kandang dipindahkan. menjadi area yang hangat.
Pastikan kandang / kandang dibersihkan secara teratur - setidaknya sekali hingga dua kali sehari.
Pastikan semua makanan dan mangkuk air mudah diakses. Kadang-kadang menyebarkan makanan di bagian bawah kandang atau di piring / mangkuk dangkal lebih disukai oleh beberapa burung.
Selama masa sakit kadang-kadang bijaksana untuk menjaga burung untuk satu atau dua bertengger, dan ini harus ditempatkan pada tingkat yang lebih rendah pada kandang - ini membantu untuk mencegah mereka jatuh dan melukai diri mereka sendiri.
Jika mampu - pindahkan rumah burung ke tempat yang tenang jauh dari kebisingan, hewan peliharaan dan orang lain
Jika memungkinkan - biarkan burung ditempatkan di dalam ruangan sehingga meminimalkan fluktuasi suhu dan tekanan lainnya.
Handuk setengah dari bagian atas kandang / kandang akan membantu menjaga kehangatan dan sering membuat burung Anda merasa lebih aman.


Poin Penting Lainnya

Pantau kotoran mereka - ini termasuk warna dan konsistensi kotoran mereka, urat (bagian putih dari faeces) dan urine (bagian yang encer)
Pantau suhu dan tetap hangat
Merasa kaki atau hanya di dalam paruh (jika aman untuk melakukannya) dapat memberikan indikasi suhu tubuh. Burung sering akan menggigil atau terlihat menggembung saat dingin.
Menggunakan paket panas gandum, botol air panas dan handuk / selimut baik-baik saja namun berhati-hatilah untuk tidak terlalu memanaskan burung Anda. Membungkus sumber panas dengan handuk akan membantu mencegah luka bakar.
Periksa hidrasi burung Anda secara teratur
Tonton untuk minum
Periksa mata mereka - burung yang mengalami dehidrasi akan sering memiliki cekungan mata cekung, mereka mungkin juga kering / norak di dalam mulut mereka
Feses yang sangat kering dan keras juga bisa menunjukkan dehidrasi
Membuat persembahan makanan lebih encer / berair atau menyemprotkan air langsung ke mulut dapat membantu dengan hidrasi.
Sebagai aturan umum, kebanyakan burung membutuhkan sekitar 100ml air per kg per 24 jam

Kerah
Kadang-kadang diperlukan kerah khusus untuk mencegah burung Anda mencapai lokasi pembedahan, atau untuk menghentikan mereka dari traumatisasi diri.
Jika burung Anda telah memiliki kerah ditempatkan, silakan tinggalkan pada mereka kecuali disarankan sebaliknya. Selalu berbicara dengan dokter hewan unggas Anda terlebih dahulu sebelum melepas kerah burung Anda.

Burung Anda akan menjadi sedikit pemarah selama beberapa hari pertama setelah kerah telah ditempatkan saat mereka terbiasa dengannya, tetapi sebagian besar burung beradaptasi dengan cepat dan perilaku mereka harus menetap setelah satu atau dua hari.


Alat Pertolongan Pertama Burung

Pengobatan kiri - Selalu periksa dengan dokter hewan sebelum mengobati sendiri burung Anda.
Membesarkan tangan campuran
Jarum suntik dalam berbagai ukuran - 1 ml, 3 ml, 10 ml, 30 ml
Handuk dan selimut
Kotak transportasi, membawa kandang atau sangkar burung kecil
Paket panas
Treats


Tanda Anda harus kembali ke dokter hewan

Tidak ada kotoran
Tidak membaik seperti yang diharapkan oleh dokter hewan Anda
Kondisinya menjadi lebih buruk
Mulai dehidrasi
Regurgitasi
Tidak makan sendiri dalam jangka waktu yang diharapkan atau membutuhkan pemberian makan secara teratur
Menjadi lebih lesu atau fluffed.
Duduk di bagian bawah pada kandang / kandang
Jatuh bertengger
Tanda-tanda nyeri yang terus berlanjut — membungkuk, memvokalisasi, meregang


Dalam keadaan darurat bawalah burung Anda ke Klinik Avian terdekat agar burung Anda dapat ditangani secepat mungkin atau jika tidak, bawa burung sakit Anda ke klinik dokter hewan yang mampu merawat burung.

Harga Burung Kicau Terbaru di Pasar Burung Tahun Ini

Harga Burung Kicau Terbaru di Pasar Burung Tahun Ini Daftar Harga Burung Lengkap di Pasaran , khususnya di wilayah Kota - kota besar, Harga burung ini mungkin bisa menjadi acuan anda dalam membeli dan menjual burung kicau yang anda miliki. Harga Burung African parrot (jenis...