SETINGAN LOVE BIRD KONSLET (SLBK)





1. Perawatan Harian Lovebird
Tips untuk perawatan lovebird yang bisa menghasilkan suara panjang adalah konsisten. Pastikan untuk tidak merubah metode perawatan Anda agar burung tak bingun. Awali dengan dimandikan setiap pukul 6 pagi setiap hari kemudian lakukan penjemuran. Untuk lovebird sendiri, jangan pernah untuk di jemur langsung di terik matahari. Maksudnya adalah biarkan lovebird untuk merapikan bulu-bulunya kemudian Anda boleh menjemurnya. Proses penjemuran sendiri dilakukan agar bulunya tak rusak dan para kutu rontok. Untuk waktunya, lakukan sekitar 1 sampai 2 jam saja atau jemur sebelum jam 11 siang.


Proses di atas penting dilakukan untuk membatasi tingkat birahi agar tetap tinggi namun tak keluar batas. Burung yang memiliki birahi yang tinggi sangat bagus untuk pertunjukan dalam lomba. Jika burung masih muda, jemur sekitar 30 menit saja karena lovebird muda biasanya memiliki tingkat birahi yang sangat tinggi.


Untuk setelan setiap harinya, pada pukul 11 siang lakukan angin-anginan sampai sore bisa di teras rumah atau di mana saja. Pada pukul 17.30 maka mandikanlah si burung, jika tidak, cukup diangin-anginkan saja. Pemasteran juga bisa dilakukan pada saat tidur sampai esok harinya.



2. Pemberian Makanan
Untuk memenuhi asupan nutrisi dari lovebird, jangan lupa untuk tetap mengontrol makanan si burung. Berikan makanan yang ia sukai seperti EF, buah-buahan, sayuran, mineral, dan yang paling penting adalah pemberian multivitamin yang baik untuk lovebird.


Untuk pemberian voer, bisa diberikan setiap pagi hari. Untuk bisa membuat lovebird ngekek lebih panjang, maka berikan multivitamin sebanyak 2 sampai 3 tetes saja dalam cepuk air minum kemudian di tambah dengan jagung sebanyak 2 sampai 3 butir saja.


Untuk lebih menunjang, Anda boleh memberikan makanan EF berupa jagung dan kangkung. Akan tetapi pemberian extra fooding tersebut dengan takaran yang seimbang. Sehingga birahi burung saat lomba tetap terkontrol. Dengan setingan di atas, burung akan cenderung memiliki birahi tinggi yang bisa membuat ngekek lebih panjang. Namun, tetap juga perhatikan apakah birahi tersebut over atau tidak.



3. Memilih Anakan Berbakat
Meski semua bakat alami belum tentu bisa kita rawat dan latih sehingga menjadi lovebird dengan ngekek panjang. Namun anakan lovobird yang memiliki potensi yang baik tentu memiliki potensi baik dalam suara khususnya suara ngekek panjang.

Jika Anda memanen dari induk lovebird, biasanya 1 dari sekian anakan si induk memiliki suara yang sangat bagus. Beberapa cirinya adalah memiliki mental yang baik dan bentuk tubuh proposional. Berlaku juga untuk anakan yang dibeli dari penangkaran burung. Sebagai seorang pemula, hal ini sangat perlu untuk Anda ketahui. Contohnya saja lovebird konslet dari anakan yaitu Mbah Marijan.
Baca Juga: 6 Cara Memilih Bakalan Lovebird (Paud) Yang Bagus


4. Controling dalam Pemberian EF dan Overbirahi
Over barahi sangat tidak bagus untuk burung, apalagi untuk lovebird karena bisa membuat burung tak terkontrol bahkan bisa mengeluarkan suara yang tidak enak. Birahi yang tinggi memang bagus, tapi berlebihan sangat tidak bagus.

Begitu juga jika birahi rendah maka burung tak akan bisa mengeluarkan kicauannya yang bagus seperti apa yang Anda dengar di rumah. Intinya adalah pemberian EF dan multivitamin yan terkontrol. Selain itu, trik lain juga bisa Anda terapkan untuk mendapatkan ngekek panjang seperti pengenalan tempat lomba dan lainnya.

5 . Dengan Setingan Lovebird Koloni


Ngekek panjang tanpa jeda bisa dibuat dengan melakukan setingan koloni pada lovebird jantan dan betina. Atau juga antara lovebird berkelamin sejenis. Banyak sekali kontrofersi dalam mencetak lovebird konslet dengan setingan koloni. Contoh beberapa lovebird nasiaonal yang konslet akibat setingan koloni yaitu Biang Kerok, Gendewo, Condet, Hokky Chan, Gandring, Sarno dan masih banyak lainnya.

Harga Burung Kicau Terbaru di Pasar Burung Tahun Ini

Harga Burung Kicau Terbaru di Pasar Burung Tahun Ini Daftar Harga Burung Lengkap di Pasaran , khususnya di wilayah Kota - kota besar, Harga burung ini mungkin bisa menjadi acuan anda dalam membeli dan menjual burung kicau yang anda miliki. Harga Burung African parrot (jenis...